KOMPI-A/IPB

kompiAResimen Mahasiswa (Menwa) adalah penerus dan pewaris dari tradisi seemangat perjuagan dan pengabdian tanpa pamrih dari generasi Corp Mahasiswa ’45. Berasarkan Surat Keputusan Pangdam VI/ Siliwangi No.40/2/5/1959 (kala itu Pangdam VI/Siliwangi) diselenggarakan Wajib Latih Mahasiswa (Walawa) dalam rangka menghadapi situasi keamanan di Jawa Barat. Walawa inilah cikal bakal berdirinya Resimen Mahasiswa. Menwa IPB dibentuk pada tahun 1964 sesuai dibentuknya batalyon VII/Suryakancana. Komandan pertama kala itu adalah Bapak Adnin Adnan (alm) dari IPB.

Merupakan sebuah kehormatan bagi setiap anggota Menwa untuk melaksanakan usaha kegiatan dibidang pembelaan negara. Sesuai dengan Tri Dharma perguruan Tinggi lulusan Menwa diharapkan menjadi sarjana yang berahlak, berwatak, penuh dedikasi untuk negri, dan bersifat patriot sejati. Selain itu Menwa IPB dituntut selalu mandiri dalam melaksanakan setipa tugas tanpa meninggalkan fungsinya sebagai wadah pembinaan dan pengembangan anggotanya.

Menwa Kompi-A/IPB memiliki dua markas yang berada di kampus Dramaga dan Kompleks MB IPB. Markas Menwa atau yang sering disebut Markas Koamando (Mako) tepatnya beralamatkan di Jalan Tanjung No.10 IPB, Dramaga, Bogor untuk Mako S1 dan di Jalan Raya Pajajaran Komples MB IPB untuk Mako D3.

Sesuai dengan namanya “Resimen Mahasiswa” maka anggota menwa adalah mahasiswa. Kesempatan untuk mendaftar menwa terbuka bagi seluruh mahasiswa IPB aktif dari semua tangkatan baik D3 maupun S1.

 

Share

1 comment on “KOMPI-A/IPB”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *