RENCANA KERJA MENWA KOMPI-A/IPB TAHUN 2015

10700241_665436920220606_1349490396083283464_oResimen Mahasiswa (Menwa) adalah salah satu organisasi yang merupakan wadah bagi mahasiswa di bidang olah keprajuritan, kedisiplinan, kepemimpinan, dan wawasan bela negara. Menwa sebagai kegiatan ekstrakulikuler di perguruan tinggi yang memiliki histori dengan perjuangan kemerdekaan. Menwa terbentuk dari semangat pemuda, pelajar dan mahasiswa dalam mencapai kemerdekaan melalui Brigade XVII yang terdiri atas Tentara Republik Indonesia Pelajar, Tentara Pelajar, Tentara Genie Pelajar, dan Corps Mahasiswa dalam peranannya sebagai penggerak dan pelopor kemedekaan.

Berdasarkan Keputusan Bersama Menhan, Mendiknas, dan Mendagri dan Otda Nomor : KB/14/M/X/2000, Nomor : 6/U/KB/2000, dan Nomor : 39 A Tahun 2000 tentang Pembinaan dan Pemberdayaan Resimen Mahasiswa. Menwa di masing- masing kampus semakin memperkuat posisinya melalui pengembangan kelembagaan Menwa di dalam kampus. Demikina pula hubungan Menwa antar kampus, propinsi dan nasional semakin ditata dengan sistem yang solid.

Berawal dari hal inilah Resimen Mahasiswa Mahawarman Batalyon VII/Suryakancana Kompi-A/IPB mengadakan serangkaian acara yang dicantumkan di Rencana Kerja Resimen Mahasiswa periode 2015. Rangkaiana kegiatan di tahun 2015 ini guna mewujudkan Menwa yang optimal dan profesional sesuai dengan semangat, visi, dan misi organisasi serta arah pengembangan partisipasi mahasiswa dalam belanegara, denga tetap menjamin tercapainya tujuan pendidikan tinggi.

Rencana kegiatan yang diadakan selama kurun waktu satu tahun ini dibagi menjadi 4 bagian, yaitu : 1) Pendidikan dan Latihan (DIKLAT), 2) Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), 3) Perlombaan, 4) Perawatan marakas, 5) kegiatan khusus, dan 6) kegiatan seremonial.

Rencana kegiatan mengenai Pendidikan dan Latihan (DIKLAT) terdiri atas : a) Pendidikan Dasar (DIKSAR) Menwa Kompi-A/IPB untuk mahasiswa program keahlian Produksi dan Pengembangan Pertanian Terpadu (PPP) angkatan 52 tahun 2015, b) Pendidikan dan Latihan (DIKLAT) calon Pelatih PASKIBRA MENWA IPB tahun 2015 untuk memepersiapkan pelatih yang handal dan profesional guna mendukung terlaksananya kegiatan seremonial di IPB, c) DIKLAT Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) Menwa IPB angkatan 51 tahun 2015 untuk kepentingan pasukan pada kegiatan seremonil di IPB, d) DIKSAR Mahawarman tahun anggaran 20015-2016 untuk mahasiswa IPB yang secara sukarela ingin bergabung menjadi anggota Menwa Kompi-A/IPB.

Rencana kegiatan mengenai pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) antara lain yaitu mengikuti kegitan pembinaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang diselenggarakan oleh Sekretariat Komando Resimen (SKOMEN) Mahawarman, Menwa satuan lain, dan organisasi atau lembaga penyelenggara DIKLAT yang relevan berupa Kursus Kader Pelaksana (SUSKALAK), Kursus Dinas dan Staf (KDS), Kursus Pembinaan Teritorial (SUSBINTER), Kursus Intelejan (SUSINTEL), Kursus Kader Pemimpin (SUSKAPIN), Latihan Kepemimpinan Putri (LATPINTRI), Kursus Pelatih (SUSPELAT), DIKLAT provost, pelatihan survival sangga langit, dan pelatihan bela diri.

Rencana kegiatan mengenai perlombaan, yaitu mengikuti kegiatan perlombaan yang diselengarakan oleh organisasi lain berupa Lomba Lintas Alam Antar Lembaga Kemahasiswaan (LLALK) yang diselenggarakan oleh Pramuka IPB, Napak Tilas yang diselenggarakan oleh Menwa Uswaganti Cirebon, lomba lari yang diselenggarakan Menwa Unversitas Jendral Sudirman.

Rencana kegiatan mengenai perawatan markas meliputi Menwa Farm sebagai bentuk kegiatan pemanfaatan lahan untuk kegiatan pertanian dan peternakan sederhana di sekitaran markas Menwa Kompi-A/IPB guna optimalisasi lahan kosong , renovasi markas diploma ,renovasi markas dramaga, dan pengadaan perlengkapan penunjang latihan.

Rencana kegiatan mengenai kegiatan khusus terdiri atas Pelatihan Scuba Daiving untuk anggota Kompi-A/IPB sehingga memiliki sertifikasi dan kemampuan menyelam, serta pembuatan buku 50 tahun Menwa Kompi-A/IPB sebagai bentuk pelaporan dokumentasi sejarah Menwa Kompi-A/IPB.

Rencana kegiatan seremonial, yaitu upacara serah terima jabaan dan pIsah sambut Komandan Kompi-A/IPB periode 2016.

KOMANDAN KOMPI-A/IPB

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *