Pelatihan Bela Negara Program Keahlian PPP Diploma IPB

                   Program Keahlian PPP (Pengembangan Produksi Pertanian) Diploma IPB, adalah sebuah Program Keahlian Khusus, dimana seluruh Mahasiswanya berasal dari daerah-daerah di Indonesia yang dikirim oleh Dinas Pertanian setempat untuk menuntut ilmu di Program Diploma Instistut Pertanian Bogor. Output yang dihaslikan dari Program Keahlian ini adalah sebagai Penyuluh Pertanian Lapang (PPL), dimana untuk menjadi seorang PPL diperlukan fisik dan mental yang kuat. Berdasarkan kebutuhan tersebut, Koordinator Program Keahlian PPP, Prof. Dr. Ir H. Bintoro, M.Agr atau selaku Pembina Menwa IPB. Meminta agar seluruh Mahasiswa dari Program Keahlian PPP tersebut untuk di masukkan menjadi anggota Menwa IPB. Karena, Menwa dapat mendidik mental dan fisik seseorang, mental dan fisik tersebut yang dibuthuhkan lulusan dari Program Keahlian PPP ini dalam dunia pekerjaan sesungguhnya, tutur Prof. Bintoro. Untuk tahun 2014 ini, Program Keahlian PPP mendapatkan mahasiswa baru yang berasal dari Timika-Papua. Maka, tanggung jawab Resimen Mahasiswa IPB dituntut untuk dapat menumbuhkan semangat Bela Negara, semangat Ideologi Pancasila dan Kenegaraan. Maka, pembinaan khusus dilakukan setiap hari sabtu selama 2 SKS. Pembinaan khusus ini dimana dimasukkan Mata Kuliah Bela Negara kedalam tiap semester yang ada ada Program Keahlian PPP ini. Menurut Komandan Resimen Mahasiswa IPB, hal ini sangat langka dalam perguruan tinggi negeri seperti IPB yang memasukkan materi Bela Negara dan diwajibkan menjadi anggota Resimen Mahasiswa IPB, ini merupakan sebuah kehormatan bagi Resimen Mahasiswa IPB.

                  Untuk semester pertama ini, mahasiswa Program Keahlian PPP ini diajarkan tentang Bela Negara secara khsusu. Dimaksud secara khusus karena dalam praktikum selama 2 SKS tersebut dimasukkan materi-materi Kemenwaan dan Permildas (Peraturan Militer Dasar). Diantara Permildas tersebut antara lain adalag TPRAG (Teknik Pertempuran Regu Anti Gerilya).IMG-20141201-WA0060

                  Tepatnya satu minggu yang lalu (21/12/2014), mahasiswa-mahasiwi dari Program Keahlian PPP ini melaksanakan praktikum materi TPRAG yang dilaksanakan di Kampus IPB Dramaga. Materi yang disampaikan meliputi penyamaran, Cumemu (cuaca, medan dan musuh), Tikrupan (Teknik Pertempuran dan Senapan).

                  Pemateri sekaligus pembimbing Program Keahlian PPP adalah Nurrahman (TMB’47), Nurul Suci Aulia (Biologi’49) dan Teguh Prianto (PSP’49). Pemateri tersebut adalah pemateri yang diamanatkan Komandan Resimen Mahasiswa IPB untuk melatih, mendidik dan mengawasi mahasiswa-mahasiswi tersebut selama dalam masa perkuliahan.

IMG-20141201-WA0062

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *