PENGUKUHAN SISWA PASKIBRA MENWA IPB ANGKATAN 50

 paskibra 3

Kampus IPB Dramaga menjadi tempat yang bersejarah bagi 16 mahasiswa TPB angkatan 50. Hari sabtu 22 Maret 2014 dilaksanakan serangkaian keggiatan pengukuhan siswa paskibra menwa ipb angkatan 50 hingga hari minggu pagi. Pengukuhan ini dimaksudkan untuk meneguhkan hati pelaku, mengembalikan niat mereka, dan menanyakan kembali alasan mereka mengikuti paskibra.

Rangkaian kegiatan dimulai dari pukul 20.00 WIB dengan diawali latihan PBB seperti biasa. Pukul 21.00 WIB pelaku dimobilisasi menuju Primata untuk istirahat. Dini hari tepatnya pukul 02.00 di hari minggu, pelaku dikejutkan dengan hadirnya pelatih yang membangunkan mereka secara tiba- tiba. Pendadakan ini sebagai tanda awal kegiatan pengukuhan dimulai. Pelaku yang masih terkantuk- kantuk berbaris mendengarkan instruksi dari pelatih.

Pelatih yang berjumlah 15 orang talah mempersiapkan 5 pos untuk menguji keteguan hati mereka. Pos I Pemberangkatan, komandan tim memberikan intruksi dan petunuk apa yang akan mereka hadapi. Pos II Pengetahuan PBB, dipos ini pelaku di uji pengaetahuan mengenai baris- berbaris baik secara teori maupun praktek. Pos III Keteguhan Hati, pelaku ditanya mengenai komitmen, kesungguhan dan tujuan mereka mengikuti pelatihan ini.

 paskibra 1

Seluruh kegiatan berjalan lancar secara umum. Pelaku menyelesaiakn kegian hingga pukul 05.00 WIB. Selanjutnya pelaku melaksanakan ibadah sholat subuh dan dilanjutkan istirahat dan makan pagi. Pukul 08.00 WIB dilaksanakan upacara pengukuhan. Bertidak sebagai inspektu upacara adalah Wakil Komandan Menwa Kompi-A/IPB. Bertidak selaku komandan upacara adalah Komandan Tim Paskibra Menwa IPB angkatan 50.

 paskibra 2

Upacara berlangsung dengan hikmat ditengah grerimis yang mengguyur pelaku dan pelatih. Pengukuhan disimbolisasi dengan penyiraman air kembang oleh inspektur upacara terhadap perwakilan pelaku dan pelatih. Penyiraman air kembang ini sebagai wujud pembersihan diri dari hal- hal buruk pelaku, baik etiaka dan pemikiran.

 paskibra 4

Setelah upacara pengukuhan, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pemilihan “Palu” dan “Bulu” sebutan bagi komandan regu pasukan putra dan putri. Prosesi pemilihan dilakukan dikolam “lele” sebutan untuk kolam yang berada di taman rektorat. Pemilihan didasarkan pada keaktifan dan komitmen pelaku dan terpilihlah Suswono sebagai “palu” dan Iin sebagai “bulu”. Penyematan dilakukan oleh para pelaku, hai ini sebagai simbol bahwa pemilikan dilakukan oleh mereka dari mereka dan untuk mereka.

Perjalanan masihlah panjang dan badia pasti berlanjut. Hari pendidikan nasional dan Kemerdekaaan ada di depan pelaku. Semangat mereka akan menjadi modal berharga dan kebersamaan mereka akan menjadi harta yang tak ternilai. Semangatlah pasukan “ulat keket” dan segeralah berubah menjadi pasaukan “harimau”.

SALAM PASKIBRA

Share

1 comment on “PENGUKUHAN SISWA PASKIBRA MENWA IPB ANGKATAN 50”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *